Hoax : Minum Vitamin C Tiap 3 Jam Cegah Covid

Beberapa hari lalu ramai adanya pesan berantai lewat WhatsApp yang mengatakan untuk minum Vitamin C 1000 mg setiap 3 jam untuk mencegah Covid19 yang ada di dalam tubuh. Hal ini diungkap oleh salah seorang pengguna twitter bernama Rey @ventableu.

Tweet yang diupload tanggal 29 Juni lalu mengungkap bahwa tantenya yang tidak enak badan dan panik akan terkena Covid, kemudian tantenya langsung mengkonsumsi salah satu suplemen Vitamin C sebesar 1000 mg yang sudah diminum beberapa botol.

Hal ini ia ungkap karena adanya pesan berantai yang mengatakan untuk mengkonsumsi vitamin C 1000 mg tiap 3 jam sekali.

Fakta

Menurut sumber yang kami dapatkan, jika kita mengkonsumsi Vitamin C 1000 mg tiap 3 jam sekali dan dalam sehari sudah habis beberapa botol, maka bisa berdampak pada ginjal kamu. Secara tidak langsung hal tersebut sama saja kamu menggunakan jalan pintas atau shortcut menuju akhirat. Faktanya tidak informasi yang mengatakan tiap 3 jam harus mengkonsumsi Vitamin C 1000 mg.

Batas dosis harian individu dewasa untuk mengkonsumsi Vitamin C berkisar 200 mg – 500 mg. Batas maksimal yang bisa di tolerir dalam tubuh manusia adalah 1000 mg – 2000 mg per hari. Itu pun juga jika ada kaitannya dalam terapi.

Jika tiap 3 jam adalah 1 g, berarti dalam 24 jam orang tersebut sudah minum sekitar 8 g Vitamin C. Dengan demikian sudah melebihi batas normal yang bisa di tolerir oleh tubuh. Kalau 1 buah jeruk bisa berisi sekitar 500-an mg Vitamin C, berarti dalam sehari maksimal kamu hanya bisa mengkonsumsi buah jeruk 2 saja ya guys. Jangan terlalu berlebihan. Karena kasihan ginjal kita, bayangkan seisi ginjal isinya adalah Vitamin C semua? Gimana engga ngeri tuh??

Sumber : Youtube/Tirta PengPengPeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *