Sudah Tahu Perbedaan Virus Infuenza dan Virus Covid-19?

Tidak semua flu yang kita alami ketika sakit adalah Covid-19. Karena bisa saja flu tersebut karena influenza. Namun pada dasarnya penanganan flu influenza sama seperti halnya Covid-19, yaitu dengan isoman. Karena sifatnya yang viral atau sangat mudah untuk menular. Berikut perbedaan virus influenza dan Covid-19.

Hal ini karena adanya droplet yang keluar ketika batuk atau bersin ke udara, lalu orang-orang di sekitar bisa saja menghirup droplet tersebut dan menularkan ke orang lain di sekitarnya.

Gejala awal dari tubuh yang terkena infeksi virus pada umumnya ditandai dengan demam tinggi dan nyeri sendi. 3 hari awal sejak terkena infeksi virus masih belum dapat dibedakan, apakah virus Covid-19, influenza atau bukan.

Untuk penanganan awal harus mengkonsumsi paracetamol 500mg 3x sehari setelah makan. Namun sebelum mengkonsumsi paracetamol, pastikan kamu tidak mempunyai alergi paracetamol. Jika mempunyai gangguan hati juga tidak boleh mengkonsumsi paracetamol.

Baca juga : Pasien Isoman: Kita Harus Ngapain Aja?

Pada hari ke 4 hingga ke 6 baru bisa dibedakan. Rata-rata influenza pada hari 4-6 mengalami hidung gatal, pilek berwarna putih. Namun jika Covid-19 pada hari 4-6 gejalanya adalah batuk berdahak dan nyeri telan, namun dahaknya tidak dapat dikeluarkan untuk Covid-19. Disertai dengan anosmia (gangguan pernapasan), parosmia (gangguan pengecapan).

sumber: Youtube.com/Tirta PengPengPeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *